Landasan dasar pada gaya-gaya yang mempengaharui kenyaman dalam berkendara
Selasa, 13 Januari 2015
Sistem Suspensi
Rabu 14 Januari 2015
I . Landasan Dasar Pada Gaya - Gaya Yang Mempengaharui Kenyamanan Dalam Berkendara
* Pitching :
Gerakan atau bergoyangnya bagian depan atau belakang kendaraan melewati jalan bertonjolan
* Bounching :
Gerakan naik turun bodi kendaraan secara keseluruhan terjadi apabila melewati jalan bergelombang dengan ketinggian
Yawing adalah gerakan body kendaraan mengarah memanjang ke kanan dan ke kiri terhadap titik berat kendaraan. Yawing kemungkinan terjadi pada jalan yang menyebabkan pitching
II . Komponen - komponen utama suspensi
1. Pegas
2. Shock Absorber
3. Suspension Arm
4. Ball Joint
5. Bushing Karet
6. Strut Bar
7. Stabilizer Bar
8. Leteral Control Road
9. Control Arm
10. Bumper
* Pegas : Menyerap Kejutan Dari Jalan
* Pegas Coil : Baja berbentuk spiral
* Pegas Daun : Baja bengkok dan lentur
* Pegas Torsi : Baja elastis terhadap puntiran
* Shock Absorber : Meredam Gerakan Naik Turun Pegas
* Cara Kerjanya : Single action dan Multiple action
* Konstruksi : Twin tube dan Mono Tube
* Medium Kerja : Fluida dan Gas
* Ball Joint : Untuk Menerima Beban Vertical Dan Leteral Dan Sebagai Sumbu Putaran Roda
* Stabilizer Bar : Untuk Mengurangi Kemiringan Kendaraan Saat Membelok Akibat Gaya Sentrifugal Dan Sebagai Meningkatkan Traksi Ban
* Bushing Dan Bracket
* Strut Bar : Menahan Lower Arm Agar Tak Maju Dan Mundur
* Leteral Control Road : Untuk Menahan Axle Pada Posisinya Terhadap Beban Dari Samping Di pasang Antara Axle Dan Body Kendaraan
* Bumper : Untuk Pelindung Frame , Axle , Shock Absorber DLL Saat Pegas Mengerut Dan Mengembang Secara Berlebihan
* Rebounding Bumper Dan Bounding Bumper
I . Landasan Dasar Pada Gaya - Gaya Yang Mempengaharui Kenyamanan Dalam Berkendara
* Pitching :
Gerakan atau bergoyangnya bagian depan atau belakang kendaraan melewati jalan bertonjolan
* Bounching :
Gerakan naik turun bodi kendaraan secara keseluruhan terjadi apabila melewati jalan bergelombang dengan ketinggian
* ROLLING :
Bila
kendaraan membelok atau melalui tonjolan jalan, maka pegas pada satu
sisi kendaraan mengembang dan pegas pada sisi lainnya mengerut.
Keadaan ini mengakibatkan body rolling pada arah samping (sisi ke
sisi)
* YAWING
Yawing adalah gerakan body kendaraan mengarah memanjang ke kanan dan ke kiri terhadap titik berat kendaraan. Yawing kemungkinan terjadi pada jalan yang menyebabkan pitching
II . Komponen - komponen utama suspensi
1. Pegas
2. Shock Absorber
3. Suspension Arm
4. Ball Joint
5. Bushing Karet
6. Strut Bar
7. Stabilizer Bar
8. Leteral Control Road
9. Control Arm
10. Bumper
* Pegas : Menyerap Kejutan Dari Jalan
* Pegas Coil : Baja berbentuk spiral
* Pegas Daun : Baja bengkok dan lentur
* Pegas Torsi : Baja elastis terhadap puntiran
* Shock Absorber : Meredam Gerakan Naik Turun Pegas
* Cara Kerjanya : Single action dan Multiple action
* Konstruksi : Twin tube dan Mono Tube
* Medium Kerja : Fluida dan Gas
* Ball Joint : Untuk Menerima Beban Vertical Dan Leteral Dan Sebagai Sumbu Putaran Roda
* Stabilizer Bar : Untuk Mengurangi Kemiringan Kendaraan Saat Membelok Akibat Gaya Sentrifugal Dan Sebagai Meningkatkan Traksi Ban
* Bushing Dan Bracket
* Strut Bar : Menahan Lower Arm Agar Tak Maju Dan Mundur
* Leteral Control Road : Untuk Menahan Axle Pada Posisinya Terhadap Beban Dari Samping Di pasang Antara Axle Dan Body Kendaraan
* Bumper : Untuk Pelindung Frame , Axle , Shock Absorber DLL Saat Pegas Mengerut Dan Mengembang Secara Berlebihan
* Rebounding Bumper Dan Bounding Bumper
PP Chasis
MUH.ANAS
AEP SURAHTO
0 komentar:
Post a Comment